Latest News

7 Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Utara

Photo : Terminal Tanah Karo Simalem

Sumatera Utara adalah sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang banyak dikunjungi wisatawan. Pesona keindahan tempat wisata di Sumatera Utara terbentang dari panorama yang sangat memikat mulai dari keindahan alam dan budayanya.

Provinsi Sumatera Utara juga memiliki beragam kultur masyarakat seperti suku Toba, Karo, Simalungun, Pak-Pak, Mandailing, Nias, Melayu, Jawa, India, dan Tionghoa yang membuat Sumatera Utara semakin unik dengan terpelihranya warisan budaya dan adat istiadat di masa jaman modern ini.


Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk berkunjung ke Sumatera Utara, ada 7 tempat wisata terbaik yang sangat layak untuk dikunjungi.



7 Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Utara



1.Danau Toba 


Siapa yang tidak mengetahui danau yang satu ini, ya danau Toba adalah danau vulkanik terbesar dan terluas di dunia dengan panjang sekitar 100 KM dan lebar sektiar 30 KM. Panorama alam danau toba juga terbilang istimewa dengan suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan pegunungan hijau.


Danau toba juga memiliki satu buah pulau ditengah-tengahnya yakni pulau Samosir yang membuat danau ini semakin indah. Di pulau Samosir kita dapat menemukan peninggalan dari kebudaya Batak Toba serta mempelajari sejarah dan riwayat suku Batak.Di tempat ini anda juga bisa menemukan banyak aksesoris, baju, hingga kain tradisional khas Batak yang dijual untuk umum dan bisa melihat seluruh danau toba dari tempat ini.



2. Tangkahan


Tangkahan merupakan kawasan yang termasuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Dengan bentuk tanah berbukit dan hutan tropis yang rindang. Tangkahan sangatlah cocok untuk pecinta wisata alam. Tangkahan terletak di antara dua desa yaitu Namo Sialang dan Sei Serdang, Tangkahan mulai ramai dikunjungi karena panorama alamnya yang menakjubkan dan kesegaran udara yang disuguhkan membuat siapa saja betah berlama-lama di sini.


Bagi orang Medan mendengar nama Tangkahan pasti akan tergiang dengan "Gajah", karena memang Tangkahan dikenal sebagai tempatnya gajah-gajah liar dan di Tangkahan para wisatawan lokal maupun mancanegara juga memiliki kesempatan untuk memandikan gajah dan menungganginya sambil menjelajah hutan. Hutan Tangkahan umumnya sangat lebat di mana terdapat sungai, air terjun, air panas, lembah bahkan tumbuhan langka seperti Raflessia juga ada di tempat ini.



3. Salju Panas Dolok Tinggi Raja


Salju Panas Dolok Tinggi Raja berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Salju Panas Dolok Tinggi Raja merupakan obyek wisata cagar alam seluas 176 hektar yang digunakan sebagai destinasi wisata petualangan yang mengasyikkan karena lokasinya berada di dalam hutan lindung dengan bukit kapur berwarna putih dan danau air panas berwarna biru kehijauan.


Selain itu, di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Air panas yang mengisi danau tersebut berasal dari bukit-bukit kecil di kawasan tersebut. Sayangnya tempat wisata satu ini belum seterkenal Danau Toba namun sangat menarik untuk dikunjungi. Dan perlu diingat bahwa jalan menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja kualitasnya kurang bagus.



4. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit


Air Terjun Dua Warna terletak di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Airnya berasal dari Gunung Sibayak. Air Terjun Telaga Dwi Warna mempunyai keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan air terjun lainnya, yaitu air terjun ini memiliki 2 warna yakni warna putih ke abuan dan biru muda, hal ini disebabkan karena kandungan fosfor dan belerang yang dimilikinya.


Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan untuk mecapai lokasi Air Terjun Dwi Warna anda akan melewati hutan yang lebat dan medan perjalanan yang kurang bagus karena memang lokasinya memang di tengah hutan yang memiliki udara yang sangat sejuk. Untuk menuju lokasi anda juga dapat menyewa pemandu jalan jika takut tersesat.



5. Air Terjun Sipiso-piso


Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air tejun tertinggi di Indonesia yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Daya tarik air terjun Sipiso-Piso Tongging terletak pada ketinggian air terjunnya mencapai 120 meter.

Pemandangan di Air Terjun Sipiso-piso sangat indah dan sejuk karena berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl yang juga dikelilingi oleh hutan pinus.Selain itu Anda juga dapat melihat hamparan keindahan Tanah Karo dan beserta keindahan Pulau Samosir, pulau yang berada di tengah Danau Toba.


Namun bagi Anda yang ingin berada tepat di bagian bawah air terjun, Anda harus menuruni 1.000 anak tangga yang berliku-liku. Kalu sudah sampai ke bawah, Anda akan merasakan dan menyaksikan keindahan air terjun Sipiso-piso yang sesungguhnya.




7. Pagoda Taman Lumbini


Pagoda Taman Lumbini berada di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo. Pagoda ini adalah replika Pagoda Shwedago yang ada di Myanmar. Ciri khas pagoda ini adalah stupa Buddha sepanjang 69 meter dan tinggi 46,8 meter. Di Pagoda ini Terdapat lebih dari 2500 patung Buddha dan relief lainnya di kawsan wisata ini  dan menjadi bangunan pagoda tertinggi ke-3 di dunia.

Paggonda Taman Lumbini memiliki panorama alam yang indah dengan hawa udara yang sejuk. Menju ke lokasi Pagoda kita akan disuguhi pemandangan perkebununan jeruk dan strawberi petik sendiri. Kemegahan Pagoda taman lumbini akan lansung terlihat dari corak warna keemasaanya dengan arsitektur khsa Myanmar yang sangat menarik.



7. Pantai Sorake, Lagundri, dan Lompat Batu Nias


Pulau Nias adalah salah satu daerah kepulaun yang terletak Samudera Hindia pada arah barat Pulau Sumatera dan termasuk dalam bagian Sumatera Utara. Nias memiliki reputasi dunia dengan pesona lompat batu dan kegiatan selancar. Dinding batu setinggi 2 meter dapat dilompati oleh pemuda setempat dengan begitu mudahnya. Ini adalah suguhan atraksi di Nias yang terkenal, dapat Anda temukan di desa Bawomatauo.

Di kota Gunung Sitoli yang merupakan salah satu kota sentral kepariwisataan di sana, Anda dapat menemukan Museum Pusaka Nias di kota ini dengan 6.500 koleksi benda budaya peninggalan Masyarakat Nias.


Sedangkan untuk pantainya Nias memiliki pantai yang cukup terkenal hingga ke mancanegara sebut saja Pantai Sorake dan pantai Lagundri yang terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Jarak antara Pantai Lagundri dan Pantai Sorake hanya 2 km, kedua pantai tesebut adalah salah satu pantai yang terbaik di dunia dengan ombak besar yang menantang. Ombak di pantai ini salah satu yang terbaik setelah pantai di Hawaii, ketinggian ombak yang mencapai 3 sampai 5 meter.


Itulah 7 Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Utara