Latest News

5 Fakta Unik Sir Alex Ferguson yang Mungkin Belum Anda Ketahui



Sir Alex Ferguson, jika anda seorang penggemar sepakbola sudah pasti anda akan mengetahui sosok legendaris ini, ya mantan pelatih Manchester United ini memang tidak dapat diragukan lagi dalam keahliannya meracik tim dan insting mengganti pemain pada saat pertandingan.

Kejeliannya dan memberikan identitas sepakbola menyerang untuk Manchester United membuat bisa bertahan selama 27 di Old Trafford antara 1986 hingga 2013. Selama perjalannya memimpin tim Manchester United, Sir Alex berhasil mempersembahkan 13 piala Premier League, 5 Piala FA, dan 2 trofi Liga Champions.

Namun didalam kebesaran namanya, Sir Alex Ferguson juga memiliki beberapa fakta unik dan menarik yang mungkin saja belum anda ketahui.



1. Pertandingan Pertama Sir Alex Ferguson di Manchester United kalah 0-2 dari Oxford United


Setelah resmi menukangi Manchester United, tiba lah saatnya bagi Sir Alex untuk memulai karir luar biasanya dan  melakoni pertandingan pertamanya. Pada pertandingan pertamanya tersebut, anak asuh Sir Alex Ferguson di MU harus menelan pil pahit setelah kalah 0-2 melawan Oxford United tahun 1986.



2. Sir Alex Ferguson Sangat Takut Kepada Istrinya Cathy Ferguson


Antara takut atau sayang banget kita tidak akan pernah paham, yang pasti istri Sir Alex Ferguson melarang suami tercintanya untuk menyimpan semua hal yang berbau sepakbola di rumahnya, termasuk semua mendali yang diperolehnya. Cathy Ferguson jugalah yang menjadi alasan Sir Alex untuk memutuskan pensiun sebagai manejer Manchester United pada tahun 2013. Kini mereka berdua hidup dengan tenang di sebuah mansion di kota Cheshire, Inggris yang dikenal dengan nama ‘Fairfields’ atau sesuai dengan nama galangan kapal tempat ayah Fergie bekerja.



3. Sir Alex Ferguson Pernah Menjadi Topscored Liga Skotlandia


Saat menjadi pemain Ferguson tidaklah seorang yang hebat dan terkenal seperti kebanyakan anak didiknya saat di Mancheser United, Sir Alex Fergusen muda bermain sebagai striker dan pernah menjadi topscore di liga skotlandia pada tahun 1965-1966 bersama Dunfermline Athletic 89. Selama menjadi pemain sepakbola, Sir Alex telah mengoleksi 170 gol dengan beberapa klub yang sempat dibelanya seperti Queen's Park, St Johnstone, Dunfermline Athletic 89, Rangers, Falkirk, Ayr United



4. Sir Alex Ferguson Pernah Dipecat


Sebelum menjadi manejer yang sukses, Sir Alex Ferguson pernah menukangi St.Mirren di tahun 1974-1978 dan photo di atas diambil ketika Sir Alex sedang meminum sebotol bir dengan para pemain St.Mirren. Sayangnya kebersamaan Sir Alex dengan St.Mirren harus berakhir karena di pecat oleh St.Mirren di tahun 1978, penyebabnya karena Ferguson menyumpahi seorang wanita.



5. Pizzagate kemenangan 2-0 Manchester United Vs Arsenal


Sebelum kalah 0-2 dari MU, Arsenal belum pernah kalah sebanyak 49 partai yang dilakoninya. Setelah pertandingan tersebut terjadilah kejadian yang kurang menyenangkan yang pernah didapat oleh Sir Alex Ferguson, kejadian tersebut dikenal dengan nama Pizzagate.

Pizagate adalah insiden saat official Arsenal melempar sebuah pizza ke arah Sir Alex di lorong pemain Old trafford setelah laga MU vs Arsenal yang mengakhiri rekor 49 partai tak terkalahkan arsenal di primier league.



Kesabaran merupakan faktor terpenting dalam perjalanan sukses Fergie. Hal tersebut tergambar jelas di masa awal karirnya di United, di mana ia hampir saja didepak sebelum akhirnya bisa memberikan gelar juara Piala FA pada tahun 1990 atau empat tahun setelah dipercaya menangani klub.

Inilah 5 Fakta unik Sir Alex Ferguson yang mungkin belum anda ketahui selama ini